Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih. Kamu Harus Tahu !

112 views

Perbedaan emas kuning dan emas putih – Anda pasti pernah melihat emas bukan ? Baik itu dalam bentuk perhiasan maupun dalam bentuk emas batangan. Emas selalu menjadi lambang kemewahan maupun kekayaan bagi masyarakat, terlebih lagi warnanya yang mengkilap bisa menjadi daya tarik bagi setiap orang untuk bisa memilikinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, emas digunakan sebagai perhiasan yang biasa dipakai oleh wanita dalam bentuk cincin, kalung, gelang, anting-anting dan perhiasan lainnya. Pernahkah anda melihat emas putih ? Yaa, emasnya berwarna putih tidak berwarna kuning seperti warna emas pada umumnya. Emas putih ini juga emas namun yang membuatnya berwarna putih adalah campurannya yaitu Palladium atau Perak. Apa perbedaan emas kuning dan emas putih ?

Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih

perbedaan emas kuning dan meas putih
Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih

Emas murni atau didalam masyarakat juga disebut dengan emas 24 karat berwarna kuning mengkilap. Emas murni memiliki sifat lembek dan tidak tahan lama bila dibentuk menjadi bermacam perhiasan. Tapi kenapa emas kuning yang digunakan pada perhiasan itu bisa tahan lama ? Emas yang dibuat perhiasan itu dicampur lagi dengan logam lain dengan aturan tertentu.

Baca Juga : Cara Pinjam Uang Di Bank Agar DiSetujui

Cara mencampurkan emas dengan logam lain ada aturannya, tidak bisa asal campur. Jenis logam dan komposisinya dapat mempengaruhi hasil akhir emas tersebut. Campuran emas dan logam lain inilah yang menyebabkan emas memiliki sebutan emas 20 karat, 18 karat, 16 karat, dan lain sebagainya karena kandungan emasnya. Semakin banyak kandungan emasnya maka semakin tinggi kadar karatnya (emas murni dengan kandungan 100% emas = 24 karat)

Emas kuning itu bisa berwarna kuning karena dicampur dengan logam kuningan atau tembaga dan bila emas putih di campur dengan perak atau palladium sehingga warnanya akhirnya adalah putih.

Emas Putih Lebih Mahal Daripada Emas Kuning

Kondisi emas putih memang terlepas dari warna asli emas tapi kandungannya tetap berbahan dasar emas bahkan jenis emas putih harganya cenderung lebih tinggi dipasaran dibandingkan emas kuning. Namun, ada beberapa hal yang sering menjadi tolak ukur pembeli adalah jenis emas kuning memiliki harga relatif stabil dipasaran ketika dijual lagi, karena fungsi emas selain sebagai perhiasan juga untuk alat penyimpan kekayaan. Bila sewaktu-waktu butuh uang mendadak bisa dijual.

Masih bingung dengan perbedaan emas kuning dan emas putih ?

Begini saja, berdasarkan pengalaman orang tua prof dulu yang pernah menggunakan emas putih, kulitnya mengalami iritasi namun tidak dengan emas kuning. Usut punya usut, ternyata penyebabnya adalah campuran nikel yang ada didalam emas putih bisa menyebabkan alergi kulit jika tidak cocok. Namun sekarang penggunaan campuran nikel pada emas putih sudah dikurangi.

Apapun pilihannya, itu akan jadi yang terbaik

Sekian dulu pembahasan kita tentang perbedaan emas kuning dan emas putih yang kiran ya menambah informasi dan pengetahuan kita. Baca Juga : Cara Mengetahui UANG ASLI atau PALSU

Loading...

Tags: #Emas Murni #Emas Putih #Perbedaan

Leave a reply "Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih. Kamu Harus Tahu !"