Bagaimana Cara Menyambung Uang Kertas Sobek Selain Dengan Isolasi

Cara menyambung uang kertas yang sobek bisa anda lakukan dengan beberapa cara selain menggunakan isolasi. Namun, ada cara yang direkomendasikan dan ada yang tidak direkomendasikan. Tujuan menyambung uang kertas yang sobek adalah untuk membuat uang tersebut laku kembali sebagai alat transaksi dan bisa diterima, tentunya hasil sambungannya harus rapi.

Cara menyambung uang yang paling umum dilakukan adalah menggunakan isolasi transparan yang berukuran lebar satu sentimeter. Namun, profmoney.id akan berbagi tips bila anda tidak memiliki isolasi, karena ada beberapa benda lain yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki uang yang rusak (sobek).

Kita tidak bisa sembarangan menggunakan benda lain untuk menyambung uang yang sobek karena dikhawatirkan hasilnya akah buruk dan tidak laku untuk digunakan lagi. Prof beberapa kali menemukan uang yang disambung dengan seadanya menggunakan kertas hvs dan isolasi berwarna hitam. Tapi, Prof biasanya akan menyimpan uang seperti itu karena tidak tega untuk menyerahkannya kepada orang lain. Kebanyakan sih pecahan Rp 5.000,00 dan Rp 10.000,00. Tidak masalah rugi sedikit.

Beberapa Penyebab Uang Robek atau Rusak

cara menyambung uang kertas sobek
Uang kertas sobek

Rusaknya uang karena sobek biasanya disebabkan oleh beberapa hal baik itu dari cara orang menggunakannya maupun kondisi uang yang sudah lawas sehingga rapuh dan mudah sekali tersobek walaupun sudah hati-hati dalam penggunaannya.

Ada beberapa penyebab uang sobek misalnya uang tercuci didalam saku pakaian, menarik uang terlalu keras ketika kondisi uang terjepit di saku, membuka uang berisi amplop dengan merobek ujung amplop sehingga uang juga ikut robek. Ada pula kasus uang sobek karena tindakan kesengajaan misalnya untuk melampiaskan amarah atau emosi bisa dikenakan sanksi pidana berupa denda atau penjara. Untuk orang yang sengaja merobek uang kertas mungkin hanya diberikan ancaman,berbeda kasusnya dengan orang yang melakukan penyebaran uang palsuyang memang akan dihukum berat.

Cara Memperbaiki Uang Sobek (Menyambung Uang Dengan Benar)

Uang yang sobek masih bisa digunakan kembali untuk bertransaksi ketika sudah diperbaiki dengan cara disambung terutama bila sambungannya rapi dan kondisi uang masih layak pakai. Belum terlalu lecek atau kumuh, yang kemungkinan kecil orang mau menerimanya. Namun, bila anda menemukan uang yang sudah rusak atau kumuh sebaiknya tukarkan saja di bank.

Baca Juga : Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih

Untuk menyambung uang yang sobek, bisa menggunakan beberapa benda berikut ini, Prof akan membahasnya mulai dari benda yang disarankan hingga yang kurang disarankan dengan beberapa alasan yang salah satunya menyebabkan uang tidak tersambung dengan rapi.

1. Menyambung Uang Menggunakan Isolasi Bening

Benda yang paling umum digunakan dan sangat disarankan adalah menggunakan isolasi bening untuk menyatukan uang kertas yang terpotong. Menggunakan isolasi bening atau transparant lebih terlihat rapi hasilnya. Untuk caranya sendiri memang cukup mudah dan bisa dilakukan dirumah.

  1. Ambil bagian uang sobek, kemudian satukan kedua sisinya. Pastikan anda tidak menempelkannya dengan posisi terbalik
  2. Tarik dan ulurkan isolasi
  3. Tempelkan isolasi diatas sobekan uang
  4. Lakukan pada kedua sisinya agar kondisi uang bisa tersambung dengan baik dan lebih kuat

Pastikan bahwa anda tidak mencopot kembali isolasi yang sudah melekat pada uang karena rekatan bekas isolasi akan membuat permukaan uang rusak lebih parah. Selain itu, bila tidak ada isolasi bening ukuran kecil. Maka gunakan saja lakban bening, tinggal anda sesuaikan saja ukurannya dengan uang.

2. Menyambung Uang Yang Sobek Dengan Lem Kertas

Lem kertas memang cocok digunakan untuk melekatkan kertas, namun bila kasusnya adalah uang sobek maka kondisinya kurang begitu baik. Dengan menggunakan lem kertas maka kondisi uang pastinya akan bertumpuk satu sisi dengan sisi lain, kekuatan rekatan juga bisa mudah lepas. Langsung saja, cara menyambung uang kertas dengan lem kertas adalah :

  1. Susun uang yang dalam kondisi sobek sesuai dengan sisi sambungannya
  2. Berikan lem pada sisi uang kertas yang ingin disambung tapi jangan terlalu lebar
  3. Tumpuk sisi uang kertas yang sobek diatas sisi sobekan yang lain
  4. Tunggu hingga mengering

Kondisi uang akan menjadi lebih pendek beberapa sentimeter karena cara penyambungannya dengan ditumpuk. Maka usahakan penumpukan uangnya ketika di lem jangan terlalu lebar.

3. Cara Menyambung Uang Dengan Putih Telur Mentah

Telur mungkin dikenal sebagai sumber protein harian yang biasa dikonsumsi saat pagi untuk sarapan atau menjadi lauk darurat dan praktis ketika sedang dalam kondisi lapar dimalam hari. Fungsi lain yang bisa menjadi kelebihan telur terutama putihnya adalah menjadi perekat / lem dengan daya rekat yang cukup kuat dan mudah kering.

Untuk menyatukan uang sobek dengan putih telur mentah caranya sama saja dengan menggunakan lem kertas, tapi putih telur bisa kering dengan cepat dan memiliki daya rekat yang lebih baik dibandingkan lem kertas.

4. Menyambung Uang Kertas Dengan Nasi Matang

Bagi yang dulu suka membuat prakarya dari lipatan-lipatan kertas, pastinya pernah nih menggunakan nasi sebagai perekat alternatif yang bisa membantu menempelkan hasil karyanya. Pengalaman Prof sendiri pernah menggunakan nasi sebagai perekat ketika disekolah tidak ada lem kertas, kebetulan bawa bekal nasi dari rumah.

Cara ini sama dengan cara ke-2 dan ke-3. Untuk bisa mendapat hasil yang maksimal, coba gunakan nasi yang sudah benar-benar matang dan lembut dengan tujuan hasil pengelemannya lebih halus.

5. Menyambung Uang Kertas Dengan Menggunakan Strapler / Hekter

Alat untuk menyambung uang kertas yang sobek satu ini bisa disebut hekter / strapler. Cara yang satu ini kurang direkomendasikan, namun bisa sudah cukup kepepet dan butuh uang dan tidak ada alternatif lain. Bisa gunakan cara ini. Namun, hasilnya pasti akan kurang baik dan kurang rapi bahkan cenderung bisa memperparah kerusakan uang tersebut.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Kartu ATM Rusak ?

Sekian dulu bahasan kita mengenai cara menyambung uang kertas sobek, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan informasi kita.

Loading...

Tags: #Uang Sobek

Leave a reply "Bagaimana Cara Menyambung Uang Kertas Sobek Selain Dengan Isolasi"