Bagaimana Cara Mengatasi Kartu ATM Rusak ? Solusi dan Penyebab

111 views

Bagaimana cara mengatasi Kartu ATM Rusak dan Solusinya – Kartu ATM merupakan fasilitas bank yang diberikan ketika membuka rekening bank. ATM bisa dibilang fasilitas yang sangat umum digunakan karena sangat membantu nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui mesin ATM tanpa harus datang kebank dan antri diteller yang menghabiskan waktu.

Dengan kartu ATM bisa transfer uang, tarik tunai, pembayaran tagihan seperti asuransi, listrik, BPJS maupun transaksi keuangan lainnya dengan sangat cepat dan mudah.

Penyebab Kartu ATM Rusak

Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang diberikan oleh bank memiliki jangka waktu penggunaan. Semakin sering digunakan maka semakin pendek jangka hayatnya.

Kerusakan kartu ATM ada beberapa penyebabnya bisa karena patah, plastiknya terkelupas, atau pita hitamnya yang lecet atau tergores sehingga mesin ATM tidak bisa membacanya. Lalu bagaimana cara mengatasi Kartu ATM Rusak ? Cara memperbaiki ? atau Solusi lainnya ?

Cara Mengatasi Kartu ATM Rusak

Dalam artikel sebelumnya, prof sudah membahas mengenai ATM error rejected. Penyebabnya waktu itu adalah pita hitam pada ATM sudah lecet dan buram karena terlalu sering dipakai. Tapi ketika pindah mesin ATM lain ternyata bisa terbaca bisa buat tarik tunai seperti biasa. Untuk lebih jelasnya baca saja langsung ya.

Bila terjadi kerusakan pada kartu ATM dan sudah benar-benar ditolak untuk transaksi di ATM maka solusinya adalah dengan membuat ATM yang baru pada Kantor cabang bank penerbit kartu ATM anda.

Sebelum anda pergi ke bank, sebaiknya bawa persyaratan untuk membuat kartu ATM yang baru. Agar tidak bolak balik nantinya.

Syarat Pembuatan Kartu ATM Baru :

  1. Buku Tabungan
  2. Kartu ATM yang rusak
  3. KTP asli dan fotocopynya
  4. Uang pecahan Rp 20.000,00

Cara Mengurus Kartu ATM Rusak Di Bank

  1. Datang ke bank
  2. Ambil nomor antrian dengan Security dan tunggu dibagian Customer Service bukan Teller.
  3. Setelah tiba bagian anda, utarakan tujuan anda kepada CS bahwa anda ingin mengganti kartu ATM yang rusah dengan yang baru.
  4. CS akan memberikan formulir untuk pengajuan kartu ATM baru. Isi dengan benar formulirnya dan serahkan syarat-syarat diatas
  5. Anda akan dimintai biaya pembuatan kartu ATM baru sebesar Rp 20.000,00
  6. CS akan memproses pengaktifan kartu ATM baru, nanti anda akan diminta untuk tanda tangan dibagian belakang ATM dan membuat PIN ATM
  7. Setelah selesai, CS akan menyerahkan buku tabungan, KTP dan Kartu ATM baru

Catatan : Ada beberapa jenis kartu ATM bank yang menunggu masa pengaktifan kartu kurang lebih 1×24 jam. Ikuti saja saran dari Customer Service.

Kiranya sekian dulu pembahasan mengenai cara mengatasi kartu ATM rusak, untuk solusi dan penyebabnya. Semoha bermanfaat. Baca Juga : Syarat Buka Rekening Bank Mandiri + Cara Terbarunya

Loading...

Tags: #ATM Rusak #Kartu ATM #Solusi

Leave a reply "Bagaimana Cara Mengatasi Kartu ATM Rusak ? Solusi dan Penyebab"