Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online

125 views

Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online – Seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dalam berbagai hal salah satunya yaitu melakukan transaksi online. Hal ini sering terjadi di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab segal cara di halalkan untuk meraih keuntungan pribadi saja. Terkait hal tersebut adalah penipuan secara online.

Ditambah lagi anda adalah salah satu orag yang tidak perduli dengan lingkungan di sekitar anda alias (cuek bebek) maupun lalai dalam  hal keamanan bertransaksi, hasilnya malah memperoleh kerugian. Tak jarang korban-korban penipuan online hanya bisa pasrah dan mengikhlaskan sejumlah uang yang terlanjur ia transfer ke penipu itu.

Tapi sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan tindak penipuan tersebut. Namun bagaimana cara kita untuk bisa mengembalikan uang kita sendiri dan melaporkan tindakan yang tidak terpuji tersebut? Kali ini rof ingin berbagi informasi terkait bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online yang bisa di lakukan. Ada beberapa langkah cepat dan tepat yang bisa anda lakukan ketika anda tertipu dengan penipuan online.

Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online

Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online
Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online

Langsung Telepon Bank

Begitu sadar jadi korban penipuan online, langsung telepon bank yang kita pakai untuk transfer. Setelah anda menelepon dan menjelaskan perihal penipuan tersebut, bank akan segera membekukan dana yang anda transfer. Bisa juga melalui e-mail, tapi lebih baik telepon langsung. Soalnya apabila dibanding via e-mail. Komunikasi lewat telepon lebih jelas dan hasilnya bisa langsung anda ketahui. Saat ditelfon tersebut jangan lupa untuk meminta informasi apa saja syarat yang harus dipenuhi agar dana yang udah telanjur anda transfer dapat dikembalikan.

Siapkan Bukti Transaksi

Setelah Menelfon pihak bank langkah selanjutnya yaitu, segera siapkan bukti transaksi. Misalnya percakapan anda dengan penjual di SMS, WhatsApp, instagram atau social media yang lainnya dan yang lebih penting lagi adalah dapat menjadi bukti bahwa anda sudah bertransaksi dengan si penipu.

Berusaha Memblokir Rekening Pelaku

Selain melapor ke polisi secara langsung ataupun melalui email, Anda juga bisa berusaha untuk memblokir rekening si pelaku. Hal ini juga bertujuan agar  mencegah pelaku melakukan penipuan terhadap korban-korban lainnya.

Setiap bank memiliki prosedur yang berbeda-beda atas pengaduan dari korban penipuan online. Diantara bank BCA, BNI, CIMB, Mandiri, dan BRI, Bank BCA  yang memiliki prosedur pelayanan pengaduan yang komplit dibandingkan dengan bank-bank lainnya.

Ada beberapa cara lain untuk melaporkan penipuan online yaitu salah satunya dengan menggunakan situs cekrekening.id. Situs cekrekening.id merupakan situs resmi milik Kominfo yang sengaja disiapkan pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang ingin melaporkan kasus penipuan online pada  masyarakat Indonesia. Berikut lagkah-langkahnya:

Cara Melaporkan Rekening Penipu Di CekRekening.ID

  1. Buka situs cekrekening.id 
  2. Masukkan Rekening Penipu (Semakin banyak yang melapor, maka investigasi terhadap kasus itu akan semakin dipercepat)
  3. Tuliskan kronologi penipuan, bukti pendukung dan fakta pendukung lainnya (seperti struk ATM, screenshot dengan penipu, toko online shop milik penipu.)
  4. Submit Laporan dan tunggu hasilnya.
  5. Menunggu update laporan dari pihak cekrekening.id mengenai perkembangan kasus yang telah anda laporkan.

Anda bisa menggunakan 3 situs lainnya yang kurang lebih sifat dan sistem kerjanya sama yaitu:

  1. Situs Lapor.go.id
  2. Situs Kredibel.co.id
  3. Lapor di Instagram @indonesiablacklist

Sekian informasi yang dapat prof sampaikan  terkait Cara melaporkan rekening penipu secara online semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Loading...

Tags: #Rekening

Leave a reply "Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online"

No related post!